Hanya Sebentar
Asa dan kepercayaan pada sebuah harapan.
Baru saja sebentar aku merasaka.
Namun aku bersyukur akan waktubl yg singkat itu.
Sebentar saja arti diriku singgah..
Dia kembali terombang ambing bebas.
Selalu, aku nampak bodoh.
Tapi aku tidak ingin menjadi pintar.

Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

AKU INGIN MEMBUKTIKAN KEBERADAANKU
Berapa kali aku mencoba berdiri di atas kaki sendiri, selalu saja terpatahkan oleh keyakinan.
Mungkin kurang kuat pijakan dan niatku, mungkin terlalu besar halangannya.
Entah kapan aku harus menyerah, karena aku enggan untuk berhenti.
Beribu jalan yang pernah kulewati dengan sepasang kaki kiri dan kanan menyadarkanku akan banyak hal.
Ini yang disebut kehidupan, tak pernah seperti yang diinginkan.
Aku lelah dengan langkahku, aku bosan dengan sakit saat kaki terjatuh.
Aku sadar bukan makhluk yang kuat, jika bukan karena alasan.
Merekalah alasanku, orang orang yang kusayangi.
Mungkin tak semua raut wajah menggambarkan isi hati seseorang.
Begitulah kehidupan, banyak orang yang tertawa saat ingin menangis, menangis saat bahagia, senyum saat sedih, dan diam karena tau tak ada orang yang akan memperdulikannya.
Aku tak tau yang mana aku saat ini, yang jelas aku hanya mengungkapkan kata kata yang ada di kepalaku.
Biarpun yang mencaci, memaki, dan memandang sebelah mata, aku akan tetap berdiri.
Jatuh ? Selama aku masih punya tenaga dan selama nafas masih berhembus aku akan terus bangun dan bangkit lagi.
Aku bukan manusia yang gigih, aku hanya orang yang ingin membuktikan pada diri sendiri dan orang orang yang mungkin tak pernah menghiraukanku.
Tertawalah, sampai nanti tak ada yang bisa ditertawakan dariku.
Aku yakin, aku bisa.

Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Hanya tulisan iseng saja.

Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Sendiri Membuat Lebih Tenang
Ketika mulut sudah tak mampu bicara, entah kecewa atau  bahagia, mungkin dengan menuliskannya bisa sedikit terobati. Karena saat situasi seperti ini kadang saya hanya butuh untuk menyendiri,, hanya saya dan waktu luang saya.

Entah kenapa saat sendiri ketenangan itu datang dan bisa sedikit meredakan suasana hati dan pikiran yang sedang mumet. Dan saat sendiri juga kadang saya malah lebih tau dan kenal dengan diri saya sendiri.
Kata orang sih gitu, kalo sendiri kita bakal tau potensi diri kita yang sebenarnya. Benar atau gak nya, tergantung kebiasaan kita.

So makes your happines !
:)


Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Semoga Lebih Baik
Syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang masih memberikan saya kesempatan untuk berjuang. Setiap hari, menit, bahkan detik dilalui tanpa terasa. Banyak sekali waktu yang terbuang percuma. Sadar diri yang banyak dosa, namun bukan hanya penyesalan yang dibutuhkan, tapi perbaikan diri. Introspeksi agar ke depannya menjadi lebih baik. amiin.

Waktu kecil saya dan mungkin semua orang belum paham bagaimana hidul dan cara menjalani hidup. Masa kecil yang penuh dengan kebahagiaan tidak terpikir bagaimana hari esok. Kepolosan, keceriaan, senang dengan hal sederhana dan mungkin itulah cara menikmati hidup yang paing indah. Tidak sedikit yang ingin kembali ke masa kecil, ke masa yang mungkin saat itu belum terpikir apa apa.

Tapi waktu terus berputar dan hidup terus berlanjut, tak ada kata berhenti bahkan kembali ke belakang. itulah waktu.
Mungkin ia pantas disebut sombong, tapi ya itulah waktu.

Dalam perjalanan hidup ini, saya juga lewati waktu, tahun demi tahun yang membuat saya semakin dewasa dan sadar arti dan tujuan saya hidup. Yang namanya hidup pasti ada cobaan dan itu wajar. Hampir tiap menjelang saya tanbah usia (berkurang umur / ulang tahun) saya mengalami cobaan yang cukup menyesakkan dada. Namun dibalik cobaan itu saya semakin bertambah sadar dan dewasa dalam menyikapi masalah. Contohnya yang paling saya ingat adalah 2 tahun lalu adik saya kecelakaan tepat sebelum saya bertambah usia. Kecelakaan yang cukup parah hingga mata kanannya tidak bisa melihat lagi (hanya bisa melihat dengan mata sebelah kiri), tulang rusuk dada nya juga retak dan sampai sekarang masih sesak kalau bernafas. Itu cukup membuat sesak dada.
Tahun lalu menjelang bertambah usia juga ayah saya meninggal dan itu juga tidak bisa dilupakan. Untuk cerita tentang ayah tidak saya ceritakan terlalu detail, karena itu membuat saya sedih, gak kuat.

Intinya, setelah cobaan dan musibah yang saya alami itu membuat saya semakin berpikir lebih dewasa. Saya juga sadar diri ink semua adalah rencana dan takdir tuhan.
Saya juga yakin, ini cara Tuhan membuat saya seperti ini, dan ini cara Tuhan menguatkan mental saya.

Harapan saya , semoga semua yang sudah saya alami, baik dan kurang baik bisa menbuat saya semakin mengenal Tuhan dan mendekatkan saya pada Tuhan. Semoga saya bisa bertemu Tuhan (Alloh) sebelum saya bertemu dengannya nanti. Semoga saya bisa mengenal Alloh sebelum Saya meninggal.

Selalu dan selalu saya ucapkan syukur pada Tuhan atas nikmat dan anugerahnya yangTelah Ia berikan tanpa henti.
Sekian sharing tentang pengalaman pribadi saya. semoga bisa bermanfaat.
Keep blogging and sharing :)

Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Baru blog ini kayaknya yang dijadiin tempat curhat buat saya, sbelumnya blog saya konten informasi, tapi ga apa lah kan bebas berekspresi.

Oke, lanjut ke kisah saya yang belum berani nyatain perasaan ke Dia, mungkin saya nunggu moment yang pas juga. Sebenernya sih saya ga terlalu mentingin status kita kayak gimana. toh ini lebih ke kisah nyata. bukan kisah suka sukaan anak SD.

Dan Akhirnya Dia Tau
Setelah sebelumnya saya rahasiakan mengenai perasaan saya (dari Dia).
Dan akhirnya dia tau juga tuh kayak nya. Semoga aja Dia gak marah.
Saya nunggu kisah berikutnya bakal kayak gimana..

Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Salahkah Suka dan Pacaran Sama Mantan Temen ?


Setiap orang pasti punya yang namanya privasi dan keinginan, namun setiap orang juga punya batasan sendiri mengenai privasi dan punya cara sendiri buat mengejar keinginannya.
Saya adalah seorang laki-laki, usia saya sekitar 20-25 (privasi).

Kamu pernah gak sih ngalamin yang namanya suka sama mantan temen? Buat  yang penah ngalamin, mungkin tau rasanya kayak gimana.
Ya, saya sudah pernah ngalamin yang namanya suka sama mantan temen, bahkan sudah deket banget  seperti pacaran. Kalo gak inget itu mantan temen mungkin udah jadian lah. Cuman karena saya orangnya ga enakan, dan saya lebih milih buat mendem dan meredam rasa suka itu. Cukup berteman baik saja.

Ceritanya kayak gini sob. waktu saya SMK, saya waktu itu udah punya pacar, dan juga temen temen saya juga uda punya pacar. Kecuali tinggal satu orang saja yang belum., dia selalu jadi bahan ledekan karena belum punya pacar. Suatu hari ada cewek yang deket sama dia, dan itu syukur banget. 
Sampe akhirnya dia jadian kan, nah cukup lama sih hubungannya terjalin, mungkin sekitar 3 atau 4 bulan kalo ga salah. Nah terus tiba-tiba saya denger dia udah putus sama pacarnya, dan waktu ditanya alasannya kenapa. Dia bilang. pacar saya ini terlalu banyak nuntut, terutama terlalu sering ngajak main ke tempat-tempat yang lumayan mahal lah. Untuk ukuran anak sekolahan itu cukup mengagetkan.

Nah terus saya benci kan sama tu cewek, terus saya minta nomornya sama temen, terus saya marah-marahin. Nah tapi dia malah mau curhat kan ma saya, ya sudah saya dengerin kasian juga kan marah-marah ma cewek. 
Singkat cerita, dari yang tadinya benci, karena sering curhat, mungkin sekitar 4 bulan , berubah jadi suka. Inget banget waktu itu saya terus menolak perasaan suka ini karena ngerasa salah, jujur selama 4 bulan saling curhatan, temen saya gak tau (saya juga kebetulan lagi jomblo).

Nah pas suatu malem saya ngeberaniin ngajak dia buat ngobrol 4 mata di tempat yang lumayan romantis lah. Saya ngomong waktu itu kayak gini, kalo gak salah "Aku suka kamu, tapi aku gak bisa menjalin hubungan seperti orang normal (pacaran). Karena kamu adalah mantan temen saya, gak ada yang salah dengan status kamu sebagai mantan temen aku. tapi aku sangat menghargai temen ku ini. Jadi aku cuma mau bilang aku sayang sama kamu, terimakasih udah jadi bagian dari hidupku. Terimakasih, dan mungkin saya akan pergi dari hidup kamu". Greget gak gan? wkwkkk

Waktu itu ceweknya ngejawab kayak gini. "Sebenarnya aku sudah menduga kamu bakal nembak, dan aku juga udah suka sama kamu udah lama, sudah ngerasa nyaman sama kamu. Tapi kenapa sih kamu datangnya terlambat, kenapa gak dari dulu kamu datang sebelum temen kamu?" Ceweknya ngejawab sambil ngeluarin air mata. wkkwkkkk ane juga heran, kenapa bisa yaa?? 
terus saya juga bilang lagi "Siapa yang tau bakal kayak gini, ini sudah diatur oleh Tuhan, Mohon maaf dan terimakasih". Ceweknya bilang lagi sambil nangis "Kamu bakal pergi dan menghilang dari kehidupan ku? sampai kapan? selamanya? " dia ngomong gitu sambil nangis, bikin saya tambah kasian dan berat buat ngelepas.

Tapi saya waktu itu cuma senyum dan ngajak dia pulang, Dan ya akhirnya saya juga bisa move on dari dia. dia juga mungkin udah lupa. Sekarang sih suka kontekan lagi, tapi udah gak baper, udah gak ada perasaan yang nyesek di dada kayak dulu. Sekarang lebih kayak ke temen biasa aja. gak lebih.

Nah sekarang kejadian kayak gitu terulang lagi, saya suka sama mantan temen. Tapi kali ini gak berawal dari benci sih.
Saya sebenarnya lebih dulu mengenal dia, tapi ya jujur, waktu ketemu ada sedikit suka, tapi ya sebatas suka seorang lelaki sama perempuan. Laki kan gitu kalo ada cewek langsung suka aja.. hahaha

Terus ya akhirnya udah saya gak menggubris, toh ini wajar saja kok cuma kenal sepintas aja sama dia. Sebenarnya sih cewek nya masih satu daerah sama saya, dan temen saya juga ada yang suka sama dia, terus ngedeketin tapi gak jadi jadi, sampe akhirnya jadian sama temen deket saya.
Ya saya sih, bodo amat, orang waktu itu emang ga ada perasaan apa-apa. 

Terus ya cukup  lama dia hubungan sama temen saya ini, saya juga sering ngumpul bareng sama Dia dan Temen saya (waktu itu status mereka masih berhubungan). dan yang namanya saya gak ada rasa, ya biasa aja sering becandain dia juga dan temen cewek yang lain juga.

Saya juga tau temen saya, waktu itu punya cewek lagi, tapi saya kan orang nya bodo amat gak terlalu mau ikut campur urusan orang. Apalagi yang namanya temen ya pasti salah juga ditutupin dan dibelain selama gak keterlaluan. Nah waktu itu temen saya ini bilang "Ni 2 cewek gua lagi nelpon, gua sambungin aja biar mereka yang bertengkar".

Dalam hati saya heran "maksudnya apa coba?" Mungkin saya bukan orang yang baik, tapi saya paling gak tega kalo liat cewek disakitin, apalagi digituin. Saya kasian sama kedua cewek itu.
Gak tau apa saya bener apa enggak, cuman bener kata-kata yang sering muncul di MEME "orang baik diabaikan, orang jahat dipacarin" hehe
balik lagi ke temen saya dan si Dia. akhirnya mereka putus kan. 

Nah mungkin udah 1 tahun dari putus, si Dia tiba-tiba nginvite kontak bbm ke saya. terus saua acc dan berteman. Kesan pertama sih biasa aja, malah dingin orang ga ada perasaan. Malah waktu itu saya lagi deket sama 2 cewek kalo gak salah.
Suatu malam, saya lihat dia ada di Recent Update., terus saya komen, nah dia nyahut. Terus saya usilin dan candain, dia juga asik orangnnya. Sampe keseringan chat hal-hal yang menurut saya ga penting. Mungkin beberapa bulan, udah deket aja gak kerasa, karena sering becanda dan juga sama-sama tau sifat. Orang satu daerah.

Terus berlanjut sampai sekarang makin deket, tapi sama seperti dulu. saya gak enak sama temen saya kalo harus ngelanjutin hubungan ke status pacaran., Terlebih saya sekarang gak terlalu suka status pacaran,
Saya udah deket banget, dan dia juga udah sering ngasih kode keras, Bukan saya ge'er, tapi sebagai cowok saya juga tau apa yang dimaksud Dia.

Nah, saya bingung harus gimana, saya nyaman banget sama dia, dan saya juga udah tau sifat dia, 
Kalo saya terusin dan pacaran, apakah saya salah? Tapi saya juga udah kepikiran sebelum semua orang tau dan hubungan kita di publish, saya bakal minta maaf dan minta izin dulu ke temen saya ini. Memang sih gak ada hubungannya dan gak ada hak temen saya ngelarang. Toh si Dia juga putusnya udah lama.

Tapi saya orangnya gak enakan, dan saya juga menghargai temen. Mungkin saya pecundang, saya orang yang pengecut, gak berani, Sampe sekarang saya gak tau hubungan kita bakal kayak gimana, apakah saya salah kalo saya gak nembak dia dan jadiini pacar, tapi deket sama dia?
Saya bingung harus gimana? Tolong kasih pencerahan.
Jujur, baru kali ini ada cewek yang buat saya langsung mau bekerja keras dan mau memperjuangkannya mungkin untuk nikah. tapi ya itu untuk beberapa taun ke depan 4 taun mungkin. tapi apa dia bisa nunggu selama itu ? makanya saya bingung tuh kalo misalkan saya bilang ini ke dia takut malah jadi penghalang buat dia. ya jodoh kan udah ada yang ngatur, oke kita deketin aja yang ngaturnya. semoga kisah ini berakhir indah. Keep blogging and keep smile :)



Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Waspada Musik Yang Berisi Satanisme


Waspada Musik Yang Berisi Satanisme 1

Waspada musik yang berisi satanisme atau pemujaan terhadap setan. Satanis atau satanisme begitulah kira-kira sebutan untuk para pemuja setan. Pemujaan kepada setan ini sudah dimulai sejak abad ke-19. Dari dulu pemujaan ini banyak sekali ragamnya, dan berkembang sampai dengan sekarang.

Diantara beberapa cara pemujaan terhadap setan, salah satunya lewat musik, berikut beberapa contoh musik yang berisi pemujaan terhadap setan :

  • Lagu dari Ozzy Osbourne "Anggur baik tapi Wiski lebih cepat, bunuh dirilah satu-satunya jalan keluar"
  • Lagu dari David Bowie (majalah Rolling Stone) mengatakan Rock akan selalu menjadi musik setan.
  • Lagu dari Stairway to Heaven jika di putar terbalik akan memunculkan syair pemujaan setan.
  • Lagu dari Metallica dalam The Prince melantunkan Bida dari bawah, Aku ingin menjual jiwaku. Setan ambil jiwaku.
  • Pink Floyd menulis lagu Lucifer Sam dengan lirik : Lucifer Sam selalu duduk di sisimu..selalu dekat denganmu.
  • Tahun 1992, Red Hot Chilli Peppers saat penerimaan anugreah MTV Awards berucap. Pertama-tama kami ingin berterima kasih pada Setan.
  • Marilyn Manson, salah satu umat GS pada majalah Spin edisi Agustus 1996. Saya berharap dikenang sebagai sosok yang mengakhiri sejarah Kekristenan, Manson tak ragu merobek Injil dan meneriakkan penghinaan terhadap Yesus Kristus.

Sampai sekarang pun pemujaan terhadap setan masih saja berkembang, tanpa kita sadari hal-hal di sekitar kita atau kebiasaan kita sudah mulai bercampur dengan setan. Ga percaya? Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan setan :

  • Mengikuti hawa nafsu - nafsu dikendalikan oleh setan.
  • Main game - jika tidak bisa mengontrol diri, kadang kita bisa lupa untuk ibadah atau mengakhir-akhirkan sholat.
  • Benci pada orang / mantan - kebencian adalah salah satu sifat setan
  • Tertawa berlebihan - setan suka tertawa dengan girang, tapi Tuhan tidak suka hal yang belebihan.
  • Senang lihat teman susah (dalam artian susah dalam candaan) - termasuk dengki, sifat setan
  • Tidak mau mengakui ketika salah - sombong angkuh adalah sifat setan.
  • dan masih banyak lagi.

Yang penting jangan sampai kita menduakan Alloh, apalagi dengan setan.

Research artikel : waspada musik yang berisi satanisme - hal-hal yang berkaitan dengan satanis di sekitar

Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Modifikasi Honda Cb 100 Yang Unik dan Mudah

modifikasi honda cb
 Modifikasi motor honda cb 100 - Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata motor cb. Motor classic yang satu ini memang banyak sekali pecintanya, karena meskipun motor ini dibilang motor tua, namun kesan elegan dan classic merupakan salah satu kelebihan honda CB. Untuk modifikasi motor honda cb juga tidak terlalu rumit, mudah, meriah dan praktis. Dengan sedikit sentuhan variasi atau modifikasi saja sudah bisa membuat motor classic ini menjadi lebih WOW.

Berikut Modifikasi Honda CB 100 Yang Simpel

Untuk modifikasi sederhana bisa membuat motor yang satu ini tambah cantik dan elegan (bisa-bisa sobat jadi lupa ama pasangan *hehe lebay).
Pengalaman saya dalam modifiasi honda cb 100 hanya mengganti beberapa komponen, berikut selengkapnya :
  1. velg - pake commet , belakang 2.15 x 17 inch, depan 1.85 x 17 inch
  2. ban - fdr genzi, belakang 90 / 80, depan 80 / 80
  3. stabilizer - pake TDR
  4. seher - honda tiger standar
  5. klep - EE
  6. noken as - kawahara
  7. karbu - GL PRO
  8. stroke - 8.5 mm
  9. stang seher - honda tiger
  10. gear depan - ukuran 13
  11. gear belakang - ukuran 38
 Sekian komponen-komponen yang saya ganti, memang bisa disebut mudah, simpel tapi sedikut merogoh kocek. Semoga ini bisa bermanfaat bagi sobat, dan mungkin bisa menjadi inspirasi bagi sobat.

Berikut Penampakan Hasil modifikasi Honda Cb 100 Saya

 

modifikasi honda cb

 

modifikasi honda cb
 

modifikasi honda cb

 

modifikasi honda cb

 

modifikasi honda cb

Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Kumpulan Foto/Gambar Jenis-jenis Ikan Lele

Jenis-jenis Ikan Lele - Beragam sekali jenis ikan di Dunia ini, banyak pula jenis dan spesies ikan yang hidup di dunia ini. Tak berbeda dengan kebiasaan manusia, ikan pun mempunyai kebiasaan yang berbeda. Contohnya ikan dalam satu spesies saja tidak mungkin sama kebiasaan dan kesukaannya. Tetap saja mereka mempunyai kebiasaan dan favorit masing-masing, baik itu dalam masalah kesukaan terhadap makanan, tempat bermain, tempat favorit (hihihi :D ikan juga punya tempat favorit ternyata), tipe pasangan dan jenis air yang disenangi.

Nah, kali ini akan dibahas sedikit mengenai ikan yang senang hidup dalam air yang banyak lumpur dan penuh dengan lumut hijau atau ganggang hijau. Coba tebak apa? Ya, "IKAN LELE". Mungkin sudah banyak yang tau ikan yang satu ini, ikan lele termasuk ikan asli air tawar yang biasanya senang hidup dalam kolam yang memiliki air tawar yang dangkal dan banyak lumpur. Tapi kali ini akan dibahas lebih mengenai foto atau gambar jenis-jenis ikan lele nya sobat. Oke langsung saja untuk menghemat waktu kita lihat 9 foto jenis-jenis ikan lele !!

Jenis-jenis Ikan Lele

1. Clarias agboyiensis (Jenis-jenis ikan lele)
2. Clarias albopunctatus (Jenis-jenis ikan lele)
3. Clarias alluaudi (Jenis-jenis ikan lele)
4. Clarias anfractus (Jenis-jenis ikan lele)
5. Clarias angolensis (Jenis-jenis ikan lele)
6. Clarias anguillaris (Jenis-jenis ikan lele)
7. Clarias batrachus (Jenis-jenis ikan lele)
8. Clarias batu (Jenis-jenis ikan lele)
9. Clarias brachysoma (Jenis-jenis ikan lele)




Nah, itu dia foto jenis-jenis ikan lele yang bisa kami persembahkan untuk sobat blogger, terimakasih telah menyimak dan mengunjungi blog kami
http://infomenarik4you.blogspot.com/
http://infomenarik4you.blogspot.com/2012/12/jenis-jenis-ikan-lele.html

Semoga bisa bermanfaat --


Posted by : sekedar info
Baca Juga : 
obat tradisional jantung koroner
9 tema google chrome sunset
obat asam urat tradisional
obat herbal stroke
obat asam urat
ace maxs
Read more »
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati